PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : PEMBUATAN KOPI JAHE CELUP DI DESA TAMAONA KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA

  • Andi Suswani Makmur Stikes Panrita Husada Bulukumba
  • AR Pratiwi Hasanuddin Prodi DIII Analis Kesehatan, Stikes Panrita Husada Bulukumba,Indonesia
  • A.Nurlaela Amin Program Studi S1 Keperawatan, Stikes Panrita Husada Bulukumba, Indonesia
  • Fatimah Prodi DIII Analis Kesehatan, Stikes Panrita Husada Bulukumba,Indonesia

Abstract

Minuman kopi merupakan salah satu minuman yang terkenal  karena citarasa khas yang ditimbulkan saat penyeduhan. Penambahan jahe pada kopi sangat bermanfaat disebabkan karena jahe dapat menghangatkan badan serta menambah nafsu makan. Selain itu jahe juga dapat memberikan efek yang psitif terhadap Kesehatan karena kan membangkitkan nafsu makan dan memperbaiki pencernaan.

Kegiatan pengabdian masyarakat  ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang manfaat dan cara pengolahan kopi jahe celup dalam kemasan tea bag sebagai minuman tradisional peningkat daya tahan tubuh. Kegiatan ini bekerjasama dengan dengan Kelompok Wanita Tani  (KWT) Desa Tamaona Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Kopi jahe celup yang dihasilkan berasal dari kopi dan hasil pertanian masyarakat Desa Tamaona. Metode dalam pelaksanaan pengabdian melalui penyuluhan dan mengajarkan cara pembuatan kopi jahe celup dengan komposisi 20 mg kopi dan 20 mg jahe.

Hasil kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan masyarakat khususnya Kelompok Wanita Tani tentang manfaat kopi jahe khususnya untuk Kesehatan serta cara pembuatan kopi jahe celup yang bermanfaat bagi Kesehatan.

Kata Kunci: Kopi Jahe Celup, minuman kesehatan

Published
2021-10-28
How to Cite
Makmur, A. S., AR Pratiwi Hasanuddin, A.Nurlaela Amin, & Fatimah. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : PEMBUATAN KOPI JAHE CELUP DI DESA TAMAONA KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA. Jurnal ABDIMAS Panrita, 2(2), 41-47. https://doi.org/10.37362/jap.v2i2.732