Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Jurnal Kesehatan Panrita Husada (JKPH) adalah jurnal internasional yang menggunakan bahasa Indonesia, peer-review, dan diterbitkan dua kali setahun.

Fokus dan Ruang Lingkup
Jurnal Kesehatan Panrita Husada adalah jurnal keperawatan yang menerbitkan karya ilmiah untuk praktisi perawat dan peneliti. Jurnal Kesehatan Panrita Husada menyambut dan mengundang artikel penelitian asli dan relevan dalam keperawatan serta studi literatur dan laporan kasus khususnya dalam keperawatan, yang mencakup bidang Keperawatan Fundamental, Keperawatan Bersalin Keperawatan, Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit, Bedah Medis Bedah, Kritis Perawatan, Komunitas Perawat Rumah, Perawat Kesehatan Masyarakat, Perawat Kesehatan Mental Gerontic, Keluarga Perawat, Ilmu Keperawatan, Kebidanan Kesehatan Wanita, Perawatan Anak Kesehatan, Teknologi Laboratorium Medis

Petunjuk umum
Artikel yang dikirim ke jurnal belum dipublikasikan. Untuk menghindari publikasi ganda, Jurnal Kesehatan Panrita Husada tidak menerima artikel apa pun yang juga dikirim ke jurnal lain untuk dipublikasikan secara bersamaan. Penulis harus memastikan bahwa semua anggota timnya telah menyetujui artikel untuk publikasi. Setiap laporan penelitian tentang manusia sebagai subjek harus melampirkan persetujuan yang ditandatangani dan persetujuan etis sebelumnya diperoleh dari komite etika penelitian yang sesuai atau dewan peninjau kelembagaan. Jika ada dukungan keuangan yang diterima, atau hubungan (s) ada, penulis harus menyebutkan bahwa tidak ada konflik kepentingan dari dukungan keuangan atau hubungan apa pun, yang ada selama proyek penelitian. Poin-poin tersebut harus disebutkan dalam Surat Pengantar Jurnal Editor Keehatan Panrita Husada.

Proses Review
Peninjauan Setiap naskah ditinjau oleh editor, dan jika dari standar yang cukup, dikirim untuk ditinjau secara buta oleh setidaknya dua anggota dewan editorial yang berasal dari mitra bestari sebagaimana dipilih oleh tim jurnal berdasarkan keahlian mereka. Hasilnya dapat diterima tanpa koreksi, diterima dengan sedikit koreksi, diterima dengan banyak koreksi dan ditolak. Penulis pengirim diberi kesempatan untuk memperbaiki artikel berdasarkan saran yang diterima dari pengulas. Informasi tertentu tentang apakah artikel itu diterima dan diterbitkan atau ditolak diberikan kepada penulis pengirim secara tertulis.

Panduan Naskah
Artikel penelitian harus ditulis dalam bahasa Indonesia dalam format esai yang dijabarkan sebagai berikut:

  1. Judul Halaman. Ini termasuk: judul naskah,  nama lengkap tanpa kredensial akademik dan profesional dengan koma di antara nama. Angka (1) digunakan untuk menunjuk penulis yang sesuai dengan kredensial akademik dan profesional, afiliasi institusi, dan email penulis Pertama.
  2. Abstrak. Abstrak ditulis menggunakan times new roman font 10 dengan cara terstruktur (250-300 kata), terdiri dari 1 paragraf, spasi 1. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris (dicetak miring). Abstrak mencakup latar belakang, tujuan penelitian, metode dan desain penelitian, sampel penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan. Kata kunci terdiri dari 2-5 kata (dunia kunci).
  3. Naskah.
    Naskah dalam urutan berkelanjutan:
    -Latar Belakang : Semua teks menggunakan 12 font, satu ketuk dengan 1,5 spasi. Tuliskan pengantar secara terperinci dan cukup, jelaskan secara naratif dan hindari menggunakan sub-bab, jelaskan bagaimana Anda menangani masalah yang ditemukan dan tujuan penyelesaian masalah
    -Metode : Jelaskan secara rinci tentang desain penelitian, populasi, teknik pengambilan sampel yang digunakan, penelitian kerangka waktu, variabel, instrumen, analisis data, dan tes kelayakan etis.
    -Hasil : Hasilnya ditulis dalam bentuk naratif tanpa menyertakan tabel atau gambar. Tabel dan gambar dilampirkan setelah daftar pustaka. Setiap tabel ditulis dalam 1 paragraf -
    Diskusi: Diskusi ditulis secara rinci mengikuti tabel sistematis yang diuraikan dalam hasil. Jelaskan pentingnya hasil penelitian Anda dan pentingnya memberikan solusi untuk masalah kesehatan. Berikan penjelasan yang sistematis dan terperinci. Isi diskusi termasuk penjelasan tentang hasil penelitian, referensi untuk studi sebelumnya dan asumsi peneliti terkait dengan fakta-fakta yang ditemukan.
    Kesimpulan
    Kesimpulan harus dijelaskan dengan jelas dalam kaitannya dengan hipotesis dan temuan baru. Saran ditambahkan dengan memuat rekomendasi tentang penelitian yang dilakukan atau masukan yang dapat digunakan secara langsung oleh publik atau konsumen
    -Referensi: Sistem penulisan sastra sangat diperlukan dan penting. Semua referensi yang digunakan ditulis menggunakan American Psychological Association (APA) Style 6th edition yang disusun berdasarkan abjad dari A hingga Z. Artikel memiliki setidaknya 25 referensi terbaru (10 tahun terakhir) dan 80% bersumber dari jurnal. Referensi dari publikasi jurnal harus memiliki DOI. Semua referensi yang dikutip harus disebutkan dalam kutipan dalam teks. Rujukan ditulis menggunakan Mandeley, End Note atau Zootero.
  4. Struktur artikel studi literatur adalah judul, nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak; kata kunci; Latar Belakang; tujuan; metode (tolong jelaskan pencarian basis data, berapa banyak artikel yang diambil); hasil (ringkasan dari ulasan penelitian); diskusi; atau kesimpulan; dan referensi.
  5. Setiap tabel diketik dalam 1 spasi. Jumlah tabel sistematis seperti yang disebutkan pada teks dan dilengkapi dengan judul pendek masing-masing. Berikan penjelasan tentang catatan kaki alih-alih pada judul. Tolong jelaskan pada catatan kaki semua informasi non-standar yang disebutkan dalam tabel. Total tabel tidak boleh lebih dari 4 tabel.
  6. Tata letak artikel harus ditulis dalam kertas A4 dengan margin minimal 2,54 untuk masing-masing menggunakan Microsoft Word, font Times New Roman dan spasi 1,5. Jumlah halaman maksimum adalah 20. Setiap halaman tidak perlu diberi nomor mulai dari judul hingga halaman terakhir artikel.
  7. Pengajuan. Setiap naskah yang dikirim harus sesuai dengan Instruksi kepada Penulis dan harus diserahkan secara online di http://ojs.stikespanritahusada.ac.id/index.php/jkph/about/submissions
    Jika ada kesulitan penulis dapat menghubungi melalui email: jurnalkesehatanpanrita@gmail.com

Jurnalnya membebankan biaya penulis berikut.

Pengiriman Artikel: 0,00 (IDR)
Penulis tidak membayar Biaya Pengiriman Artikel ke Jurnal Kesehatan Panrita Husada

Ulasan Jalur Cepat: 0,00 (IDR)
Dengan pembayaran biaya ini, ulasan, keputusan editorial, dan pemberitahuan penulis pada naskah ini dijamin akan berlangsung dalam waktu 4 minggu.

Publikasi Artikel: 250000.00 (IDR)
Jika makalah ini diterima untuk publikasi, Anda akan diminta untuk membayar Biaya Publikasi Artikel untuk menutup biaya publikasi.

Jika Anda tidak memiliki dana untuk membayar biaya tersebut, Anda akan memiliki kesempatan untuk melepaskan setiap biaya. Kami tidak ingin biaya untuk mencegah publikasi karya yang layak.

Naskah harus disiapkan sesuai dengan pedoman penulis berikut di templat artikel MS Word

https://drive.google.com/file/d/1fi3SSc3hLo6TUSlsEP4Wx-f9175xRpeL/view

Formulir Perjanjian Transfer Hak Cipta dapat diunduh di https://drive.google.com/file/d/1GzfWYK-8PbZkie5anVHTctBVmxzeVsX7/view?usp=drive_open

 Pedoman Pengajuan Online

Penulis pertama-tama harus mendaftar sebagai Penulis dan / atau ditawarkan sebagai Peninjau melalui alamat berikut: http://ojs.stikespanritahusada.ac.id/index.php/jkph/about/submissions

Penulis harus mengisi formulir sedetail mungkin di mana formulir bertanda bintang harus dimasukkan. Setelah semua bentuk kotak teks diisi, Penulis mengklik tombol “Daftar” untuk melanjutkan pendaftaran. Oleh karena itu, Penulis dibawa ke antarmuka pengiriman penulis online di mana Penulis harus mengklik " Pengiriman Baru ". Di bagian Mulai Pengajuan Baru, klik “ Klik di Sini ': untuk masuk ke langkah pertama dari proses pengajuan lima langkah ”. Berikut ini adalah lima langkah dalam proses pengiriman online:

  1. Langkah 1 - Memulai Penyerahan : Pilih bagian jurnal yang sesuai, yaitu Artikel Penelitian Asli, Artikel Review, atau Komunikasi Singkat. Dengan demikian, penulis harus mencentang-tanda pada daftar periksa pengiriman. Penulis dapat mengetik atau menyalin-menempel Surat Pengantar dalam Surat kepada Editor.
  2. Langkah 2 - Mengunggah Kiriman : Untuk mengunggah naskah ke jurnal ini, klik Browse pada item Unggah file kiriman dan pilih file dokumen manuskrip (.doc / .docx) untuk dikirimkan, lalu klik tombol "Unggah" hingga file tersebut memiliki telah diunggah.
  3. Langkah 3 - Memasukkan Metadata Pengajuan : Pada langkah ini, detail penulis metadata harus dimasukkan termasuk penulis yang terkait yang ditandai. Setelah itu, judul naskah dan abstrak harus diunggah dengan menyalin teks dan menempel di kotak teks termasuk kata kunci.
  4. Langkah 4 - Mengunggah File Tambahan : File tambahan harus diunggah termasuk Surat Pengantar / Pengajuan, dan Formulir Perjanjian Transfer Hak Cipta yang Ditandatangani. Oleh karena itu, klik tombol Browse, pilih file, dan kemudian klik tombol Upload.
  5. Langkah 5 - Mengkonfirmasi Pengajuan : Penulis harus memeriksa dokumen naskah yang diunggah pada langkah ini. Untuk mengirimkan naskah ke Jurnal Kesehatan Panrita Husada, klik tombol Finish Submission setelah dokumen benar. Penulis yang sesuai atau kontak utama akan menerima pemberitahuan melalui email dan akan dapat melihat kemajuan pengajuan melalui proses editorial dengan masuk ke situs alamat web jurnal.

Setelah pengiriman ini, Penulis yang mengirimkan naskah akan mendapatkan email konfirmasi tentang pengiriman tersebut. Oleh karena itu, Penulis dapat melacak status pengiriman mereka kapan saja dengan masuk ke antarmuka pengiriman online. Pelacakan pengiriman meliputi status dari tinjauan naskah dan proses editorial.

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis mengirimkan naskah dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada Jurnal Kesehatan Panrita Husada dan Departemen Keperawatan, Stikes Panrita Husada Bulukumba sebagai penerbit jurnal ini. 

Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian mana pun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam database dan transmisinya oleh segala bentuk atau media, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll., Hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari Jurnal Kesehatan Panrita Husada  dan Departemen Keperawatan, Stikes Panrita Husada Bulukumba. 

Jurnal Kesehatan Panrita Husada, Stikes Panrita Husada Bulukumba melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan dalam jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam Jurnal Kesehatan Panrita Husada adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan. 

The  transfer Copyright Formulir dapat didownload dengan klik link ini  transfer Copyright Formulir Persetujuan . Formulir hak cipta harus diisi sehubungan dengan artikel dan ditandatangani awalnya dan dikirim ke Kantor Editorial dalam bentuk email asli, atau file dokumen yang dipindai (softcopy) ke: 

Safruddin (Chief Editor)

Departemen Keperawatan, Stikes Panrita Husada Bulukumba

Jl. Pendidikan, Taccorong, Bulukumba, Sulawesi Selatan, Indonesia 92561

Telp : +085242199519; 

E-mail: Jurnalkesehatanpanrita@gmail.com

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.