Kesiapan Akademic Dan Persepsi Untuk Implementasi Pendidikan Interprofessional

Authors

  • Andi Suswani Program Studi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panrita Husada Bulukumba
  • Risnah Program Studi Keperawatan, Universitas Islam Negeri Makassar, Indonesia
  • A.Nurlela Amin Program Studi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panrita Husada Bulukumba
  • Haerani Program Studi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panrita Husada Bulukumba

Keywords:

Interprofesional Education, persepsi, kesiapan, dosen, mahasiswa

Abstract

Latar belakang :Interprofesional education (IPE) adalah praktik kolaborasi antara dua atau lebih profesi kesehatan yang saling mempelajari peran masing-masing profesi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan kesiapan mahasiswa dan dosen tentangIPE untuk peningkatan keuliatas pendidikan kesehatan. Metode : Jenis penelitian adalah analisis deskriptif dengan pendekatan proporsional. Metode kualitatif Triangulation design digunakan untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang kesiapan dan persepsi dosen dan mahasiswa dalam implementasi IPE. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling dan bersifat snowballsampling. Jumlah sampel sebanyak 26 orang, terdiri dari dosen 16 orang dan mahasiswa 9 orang. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kesiapan dalam implementasi IPE karena mahasiswa memiliki kepercayaan yang tinggi akan kemampuannya untuk bekerjasama dengan profesi kesehatan lainnya. Berbeda dengan dosen, yang menyatakan bahwa sebagian besar kurang siap dalam implementasi IPE. Perbedaan ini disebabkan karena sebagian besar dosen belum pernah mengikuti sosialisasi/pelatihan/workshop tentang IPE. Mahasiswa memiliki persepsi baik terhadap implementasi IPE karena mereka menganggap bahwa pembelajaran bersama dengan profesi kesehatan lain dapat mengajarkan bagaimana belajar dan bekerja dalam team, mengasah kemampuan komunikasi, mengerti tugas dan tanggung jawab sesuai dengan profesi mereka. Dosen memiliki persepsi baik dalam implementasi IPE karena mereka telah memahami bahwa bekerjasama dengan profesi kesehatan lainnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan namun masih diperlukan strategi pelaksanaan kegiatan utamanya persiapan institusi. Kesimpulan: Sebagian besar dosen dan mahasiswa belum siap dalam implementasi IPE dan sebagian besar dosen dan mahasiswa berpersepsi baik terhadap implementasi IPE.

Downloads

Published

2021-09-01