Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Poliklinik Gigi Dan Mulut Instalasi Rawat Jalan Rsud Labuang Baji Makassar A

Authors

  • Dewi Astuti Administrasi Rumah Sakit Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.37362/jkph.v10i1.591

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Minat Kunjungan Ulang, Poliklinik Gigi dan Mulut

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam pemanfaatan layanan kesehatan. Penilaian terhadap kualitas pelayanan yang baik tidak terbatas pada kesembuhan penyakit secara fisik, tetapi juga terhadap sikap, pengetahuan dan keterampilan petugas dalam memberikan pelayanan, komunikasi, informasi, sopan santun, tepat waktu, tanggap dan tersedianya sarana serta lingkungan fisik yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tangibles, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, terhadap minat kunjungan ulang pasien di poliklinik gigi dan mulut instalasi rawat jalan RSUD Labuang Baji Makassar. Metode penelitian menggunakan desain cross sectional secara accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara accidental sampling di poliklinik gigi dan mulut instalasi rawat jalan RSUD Labuang baji Makassar yaitu sebanyak 65 responden yang telah menjalani perawatan dalam kondisi sadar dan dapat melakukan komunikasi dengan baik. Hasil penelitian ini yaitu  terdapat pengaruh bukti fisik (tangibles) terhadap minat kunjungan ualng pasien di poliklinik gigi dan mulut RSUD Labuang Baji Makassar dengan nilai P sebesar 0,003 (P < 0,05), kehandalan (reliability) dengan nilai P sebesar 0,001 (P <0,05), daya tanggap (responsiveness) dengan nilai P sebesar 0,004 (P <0,05), jaminan (assurance) dengan nilai P sebesar 0,001 (P < 0,05), kepedulian (emphaty) dengan nilai P sebesar 0,008 (P < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat meningkatkan minat kunjungan ulang pasien di poliklinik gigi dan mulut RSUD Labuang Baji.

Downloads

Published

2025-08-11